Pukesmas Kopelma Darussalam Sosialisasi Orientasi Kesehatan Tradisional

UPTD Pukesmas Kopelma Darussalam melakukan sosialisasi orientasi kesehatan tradisional Alternatif  dan Komplementer di Aula PKK Gampong Kopelma Darussalam. Kegiatan ini disosialisasikan  oleh Nur Amini, Amd. Keb dan Rita Ramlayanti, Amd. Farm, dengan peserta berjumlah 10 orang. (Banda Aceh, 9/3/2020).

Pemateri menjelaskan bahwa Kesehatan Tradisional Komplementer adalah penerapan kesehatan tradisional yang memanfaatkan ilmu biomedis dan biokultural dalam penjelasannya serta manfaat dan keamanannya terbukti secara ilmiah sesuai dengan Peraturan menteri kesehatan republik indonesia Nomor 15 tahun 2018.

Pemateri juga memperenalkankan obat tradisional yang memiliki banyak khasiat bagi tubuh. Obat Tradisional adalah bahan atau ramuan bahan yang berupa bahan tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sediaan sarian (galenik), atau campuran dari bahan tersebut yang secara turun temurun telah digunakan untuk pengobatan dan dapat diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat.

Pemateri juga mengajak masyarakat untuk memanfaatkan halaman rumah dengan menanam tanaman obat tradisional/tanaman obat keluarga (TOGA). Pemateri juga mengenalkan pijat refleksi, jenis-jenis obat tips menggunakan obat yang tepat.(Iqb)