Kepala DPMG Banda Aceh Resmikan Rumah Hidroponik Gampong Kopelma Darussalam

Kepala Dinas Pemberdayaan  Masyarakat  dan Gampong (DPMG) kota Banda Aceh Bapak  M.Syaifuddin  Ambia  pada hari Kamis, 22 September 2022 membuka Pelatihan Ketahanan Pangan sekaligus meresmikan  Rumah  Hidroponik  (Runik) Gampong Kopelma Darussalam.

Dalam kata sambutannya bapak  M.Syaifuddin  menyebutkan bahwa, saat ini aparatur pemerintah kota sedang berusaha  menekan inflasi di kota Banda Aceh. Diharapkan dengan adanya program ketahanan pangan yang didanai oleh APBN melalui Dana Desa dapat mengurangi  dampak akibat inflasi bagi masyarakat.

Keuchik  Kopelma Darussalam  Ir.H.Eddi  dalam kata sambutannya  menyampaikan bahwa, dalam rangka  mempersiapkan  ketahanan pangan masyarakat dalam menyikapi  kondisi perekonomian saat ini khususnya di Gampong Kopelma dengan keterbatasan  area, maka   sistem  pertanian  dengan cara hidroponik merupakan  cara yang cocok diterapkan.

Dr. Ir.Purwana Satrio, STP, MT, IPM sebagai Narasumber  pada Pelatihan Ketahanan Pangan sekaligus  bertindak sebagai penanggungjawab teknis Rumah Hidroponik (Runik) Gampong  Kopelma Darussalam bersama sejumlah tenaga pengajar Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala menyatakan  siap membantu memberikan penyuluhan kepada masyarakat terkait teknis hidroponik sampai  masyarakat terampil.

Pada acara peresmian Runik  juga dihadiri oleh sejumlah tamu undangan diantaranya  Bapak  Camat Kecamatan Syiah Kuala beserta jajarannya, Imum chik gampong Kopelma Darussalam,  Mukim Tgk chik Dilamnyong, Tuha Peut Gampong dan perangkatnya, tokoh masyarakat, anggota PKK Gampong Kopelma serta masyarakat yang akan mengikuti pelatihan ketahanan  pangan dengan cara hidroponik sejumlah 30 orang.